Rabu, 11 November 2015

Wana Wisata Pulomerah



Wana Wisata pantai Pulau Merah yang menjadi salah satu obyek wisata Pantai Selatan yang masih alami dengan pasir putihnya di pinggiran bibir pantai sepanjang 3 Km berada di kawasan hutan wilayah Perum Perhutani Divisi Regional Jawa Timur KPH Banyuwangi Selatan BKPH Sukamade RPH Kesilir Baru dan RPH Pulau Merah dengan luas 6,9 Ha. Bagi wisatawan yang ingin menikmati pantai Pulau Merah harus menempuh jarak ± 80 Km dari kota Banyuwangi.

Uniknya, di tengah pantai Pulau Merah yang berada di desa Sumberagung kecamatan Pesanggaran kabupaten Banyuwangi terdapat bukit setinggi ± 200 meter yang mirip seperti pantai di Brazil dengan tanahnya berwarna merah sehingga dinamakan Pantai Pulau Merah. Pantai Pulau Merah yang berada di Kawasan Hutan Lindung Gunung Tumpang Pitu yang dikelola Perum Perhutani ini banyak menyimpan Kekayaan Alam yang tersembunyi.




Dulu Pantai Pulau Merah ini hampir hilang di sapu ombak tsunami yang pernah terjadi pada tahun 1993,  dahsyatnya tsunami ini hampir menghilangkan keelokan dan keindahan alam pantai, Pantai Pulau Merah ini kembali pulih dengan ciri khasnya yang mungkin hanya ada di Banyuwangi, yaitu terlihat Sabuk Hijau yang masih melingkar di sepanjang pantai  dan menjadi pengaman di wilayah Pantai pulau merah.

Pantai Pulau Merah ini memiliki kelebihan dibandingkan pantai Plengkung (G-Land), antara lain tidak memiliki batu karang sehingga pantai Pulau Merah lebih aman bagi peselancar. Pantai ini mirip pantai Kuta di Bali namun ombaknya lebih bergulung, bisa mencapai setinggi dua meter dan panjang 300 meter. Terkadang angin laut di Pulau Merah ini sangat kencang yang membuat Laut Selatan bisa relative naik lebih tinggi sekitar 4-5 meter dan dari jauh terdengar gemuruh gelombang laut sangat keras sekali. Hal ini banyak disukai peselancar domestic dan mancanegara karena memungkinkan peselancar melakukan maneuver dengan berbagai teknik, sehingga cocok bagi pemula, amatir maupun professional.

Keindahan lainnya yang dapat dinikmati para wisatawan di pantai Pulau Merah adalah apabila menyusuri pantai ke arah selatan Pulau Merah, anda dapat menikmati indahnya sunset di sore hari.
Karena keindahan dan keistimewaan pantai Pulau Merah, Pemkab Banyuwangi juga memberi perhatian penuh untuk menjadikan obyek wisata andalan baru. Sejak tahun 2012, Pulau Merah dijadikan spot penyelenggaraan event bertaraf Internasional, seperti Banyuwangi Tour de Ijen dan Banyuwangi International Surfing Competition.




Para wisatawan yang ingin menginap dan menikmati deburan ombak, dapat bermalam di Foresta Resort Grajagan yang mempunyai kapasitas 14 kamar dengan harga sewa mulai Rp 250 rb/net. Jarak tempuh dari Pulau Merah ke Foresta Resort Grajagan adalah ± 60 Km atau sekitar 1 jam perjalanan.