Sabtu, 14 November 2015

Wana Wisata Padusan


Wana Wisata Padusan berada di dalam kawasan hutan petak 40,41,42 RPH Claket BKPH Pacet KPH Pasuruan mempunyai keluasan 25,3 Ha masuk dalam wilayah administratif  desa Padusan kecamatan Pacet kabupaten Mojokerto. Para Wisatawan yang ingin menikmati keindahan alam pegunungan di Wana Wisata Padusan dengan udara yang sejuk dan segar pada ketinggian ± 800 meter dpl dan suhu sekitar 20 derajat celcius, apabila dari Kota Surabaya memerlukan jarak tempuh ± 85 Km sedangkan dari kota Mojokerto hanya menempuh jarak ± 45 Km.

Istilah Padusan mempunyai arti Ritual mandi bersama di pemandian umum dengan tujuan untuk mensucikan diri  sebelum puasa dengan niat mandi besar atau mandi janabat. Di Indonesia Khususnya di tanah Jawa, pelaksanaan puasa Ramadhan yang dilaksanakan selama satu bulan penuh ditandai dengan beberapa ritual yang khas, diawali dengan 1 hari sebelum pelaksanaan puasa, biasanya masyarakat melaksanakan Ritual PADUSAN. Ritual Padusan ini dianggap masyarakat sebagai tradisi dan biasanya dipimpin oleh seseorang  yang di anggap tetua untuk memimpin do’a sebelum dimulainya padusan. 



Selain menyaksikan pesona keindahan alam pegunungan yang dikelilingi hutan Pinus , para Wisatawan yang berkunjung ke Wana Wisata Padusan Pacet dapat menikmati berbagai wahana seperti :

·         Kolam rendam air panas/whirlpool merupakan air panas yang mengandung Belerang dan biasanya digunakan untuk therapy,
·         Kolam renang anak dan dewasa,
·         Camping Ground,
·         Penangkaran Rusa,
·         Air Terjun Grenjengan,
·         Outbound dan Gathering,
·         ATV,

·         Rafting, dll.